Mahasiswa Kukerta "Balek Kampung" Unri Bantu Edukasi Porkes dan Pendampingan Vaksinasi Warga 

Mahasiswa Kukerta

CELOTEH RIAU---Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) " Balek Kampung" Universitas Riau (Unri) melakukan edukasi protokol kesehataan dan pendampingan warga yang berpartisipasi pada program serbuan vaksinasi di Halaman Masjid Khairunnas di Jalan Kereta Api Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai, Jumat (16/7/2021).

Pada gelaran  vaksinasi  mobil vaksin keliling yang dioperasikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tim mahasiswa Kukerta " Balek Kampung" yang  dibimbing oleh Dr. Novita Indrawati, SE MSi. Ak., CA selaku dosen pembimbing lapangan berbagi tugas. 

Tim Kukerta yang berjumlah 10 orang ini,yakni Dhea Ananda Putri (FISIP), Muhammad Jourdy Reza (FH), Muhammad Thifal Farhan (FH), Raihan Abiyyu Syahitien Heri (FEB), Ridho Rijaldi (FMIPA), Rizka Amalia Putri (FEB), Salsabila Sova (FEB), Silvi Farras Anissa Putri (FEB), Tifany Rama (FH), dan Wiraya Aidiliya Utama (FH) terlibat aktif selama kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB.

Raihan Abiyyu Syahitien Heri salahsatu perwakilan mahasiswa menuturkan mereka berbagi tugas 
dilapangan.  Ada yang  bertugas membantu administrasi/pendaftaran warga yang akan di vaksinasi, ada yang bertugas memanggil antrian vaksinasi, mengatur lalu lintas area sekitar vaksinasi.

"Setelah kegiatan selesai, seluruh mahasiswa membersihkan area sekita yang hati itu melayani 105 peserta  vaksinasi," katanya.

Selain vaksinasi, sebut Raihan, mahasiswa Kukerta  Universiyas Riau, selama di Kelurahan Tangkerang Tengah juga melakukan pendataan warga di beberapa RW Kelurahan Tangkerang Tengah. 

" Pendataan tersebut berguna untuk memvalidasi data warga Pekanbaru dan luar Pekanbaru. Data tersebut langsung di input ke aplikasi Lapor RT/RW," jelasnya.

Selain itu sebut Raihan,.tim Kukerta Balek Kampung juga melakukan akai sosial, edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan. Seperti membagi-bagikan paket new normal kit yang berisikan masker, sabun cuci tangan, handsanitizer, dan vitamin c. 

" Kita juga membantu pembuatan tempat cuci tangan portable; penempelan poster mengenai protokol kesehatan 5M, tentang langkah mencuci tangan, dan protokol Kesehatan saat beribadah di Masjid, serta aksi-aksi sosial lainnya.  Kami berharap semua aktifitas kami membuat masyarakat semakin sadar dan paham pentingnya menjalankan disiplin protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari," tutupnya.

#pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index